526 KASUBBAG PERENCANAAN, TI PELAPORAN IKUTI PELATIHAN PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN SERTA PEMENUHAN HAK PEREMPUAN.HTML

Arsip Berita

 Kasubbag Perencanaan, TI & Pelaporan Ikuti Pelatihan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Serta Pemenuhan Hak Perempuan

Selasa, 08 Oktober 2019 Pukul 08.30 WITA. Bertempat di Hotel Rodhita Banjarmasin Kasubbag Perencanaan, IT dan Pelaporan Ibu Sasi Mulyaningsih, S.E. mengikuti acara “Pelatihan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Serta Pemenuhan Hak Perempuan” dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan sebagai perwakilan dari Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA dan juga dihadiri oleh beberapa SKPD/Lembaga/Instansi yang ada di Kota Banjarmasin.

IMG_20191008_094541.jpg

Acara dibuka dengan Pembacaan Basmalah dan disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Mars Bergerak Ciptaan Paman Birin (Gubernur Kalimantan Selatan).

Acara inti diisi dengan 3 narasumber, pertama narasumber oleh Kepala Dinas PPPA Ibu Hj. Husnul Hatimah, S.H.,M.H. mengenai Kebijakan Perlindungan Hak Perempuan dimana pemerintah dalam hal ini instansi yang terkait selalu memberikan upaya-upaya pencegahan agar tidak terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan seperti membuat kebijakan-kebijakan, advokasi, sosialisasi, pelatihan, TOT, KIE, penegakan hukum dll, dan juga melakukan penanggulangan apabila telah terjadi  tindak kekerasan seperti penanganan pengaduan, pelayanan kesehatan, rehabititasi sosial, penegakan dan bantuan hukum, pemulangan dan reintegrasi social, pendidikan dan pelatihan, peningkatan ekonomi dll.

Adapun slogan yangdikeluarkan oleh Pemerintah yaitu “Three Ends” yaitu 1. Mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak (End Violence Againt Women and Children), 2. Mengakhiri perdagangan manusia (End Human Trafficking), 3. Mengakhiri kesenjangan ekonomi (End Barriers To Economic Justice).

Narasumber yang Kedua adalah Ibu Dr. Fatrawati Kumari, M.Hum. Dosen UIN Antasari Banjarmasin yang menyampaikan tentang Pencegahan dan Pemenuhan Hak Perempuan oleh Lembaga-Lembaga di Daerah.

Untuk narasumber yang ketiga yaitu Ibu Naimah Fitriyanuarty, S.Psi., M.M. memberikan materi tentang Inovasi Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

IMG_20191008_141933.jpg

Acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok dimana peserta dibagi menjadi 3 kelompok, dimana masing-masing kelompok membahas masalah yang telah diberikan oleh panitia yaitu mendiskusikan masalah Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan, mendiskusikan tentang KDRT dan yang atu lagi mendiskusikan tentang TPPO dan masalah Isu, Identifikas masalah, solusi, potensi (kekuatan), tantangan/hambatan, pelaksana/penanggungjawab dan tindak lanjut.

Setelah semua kelompok selesai, maka dilakukan presentasi oleh masing-masing kelompok dan didiskusikan oleh semua peserta dan narasumber. Kritik dan saranpun disampaikan demi kesempurnaan hasil diskusi.

Acara terakhir yaitu penutupan oleh panitia dan foto bersama dengan narasumber dan semua peserta