540 EKPOSE HASIL PENGAWASAN HATIBINWASDA DI PA BANJARMASIN.HTML

Arsip Berita

Ekpose Hasil Pengawasan Hatibinwasda di PA Banjarmasin

Bertempat di ruang aula Pengadilan Agama Banjarmasin, pada hari Selasa, 05 November 2019 pukul 14.00 WITA diadakan acara ekspose terhadap hasil Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin terhadap Pengadilan Agama Banjarmasin. Acara ini merupakan agenda rutin Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengadilan Agama khususnya dalam bidang Manajemen Peradilan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

IMG_20191105_152433.jpg

Pada acara ekspose ini Tim dari PTA Banjarmasin dipimpin oleh Drs. H. Arpan Muhammad, S.H., M.Hum. (Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah/Hatibinwasda PTA Banjarmasin) didampingi Drs. H. Wardi Syukri, S.H., M.H. Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah /Hatibinwasda PTA Banjarmasin) dan H. Marbaun, S.H. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian), sedangkan peserta diikuti oleh seluruh pegawai PA Banjarmasin yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional Kepaniteraan, Pejabat Struktural Kesekretariatan, staf serta honorer.

IMG_20191105_142916.jpg

Tim dari PTA kemudian melakukan ekspose terhadap hasil pengawasan yang telah dilakukan. Pada dasarnya secara keseluruhan sudah baik meskipun ada beberapa temuan, diantaranya dalam bidang Kepaniteraan ditemukan register mediasi yang masih kosong belum diisi petugas, yang diisi cuma laporan dari hakim mediator, adanya beberapa berkas perkara yang sudah diminute tapi dalam berkas belum lengkap dengan tanda tangan, dll. Dalam bidang Kesekretariatan ada beberapa temuan diantaranya dalam bidang Umum dan Keuangan ditemukan adanya ketidak sesuaian daftar barang ruangan dengan keadaan yang ada di ruangan, belum dilakukan penghapusan terhadap barang-barang yang seharusnya sudah dihapus. Di bidang Perencanaan, IT dan Pelaporan ditemukan belum dimasukkannya perencanaan melalui aplikasi SIRUP, dan beberapa temuan lainnya.

Ketua Tim menyampaikan bahwa semua temuan ditindaklanjuti dan hasil tindak lanjut dikirim paling lambat dalam waktu 1 (satu) bulan atau pada tanggal 04 Desember 2019 serta melaporkan secara formal kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dengan disertai bukti pendukung.

IMG_20191105_153907.jpg

Dalam sambutannya Drs. H. H. Suhardi, SH., M. H. selaku Ketua PA Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada Tim dari PTA Banjarmasin yang telah melakukan pengawasan di PA Banjarmasin menyatakan akan segera menindaklanjuti temuan-temuan dari Tim PTA Banjarmasin tersebut dan kedepan akan berusaha agar PA Banjarmasin semakin baik dalam melayani para pencari keadilan dan mengucapkan permohonan maaf apabila ada kekurangan maupun ketidaknyamanan selama melaksanakan pengawasan di PA Banjarmasin.

Pada akhir acara, dilaksanakan serah terima kontrak kinerja dan hasil temuan oleh Ketua Tim Hatibinwasda kepada Ketua PA Banjarmasin serta dilakukan foto bersama seluruh Tim Hatibinwasda dan pegawai PA Banjarmasin.