Seputar Peradilan

Hakim PA Banjarmasin Ikuti Sosialisasi Pencegahan & Penanganan TPPO, Korban KDRT & Seksual di Daerah Kal-Sel

Berdasarkan Surat Undangan Nomor: 005/493-PPA/DPPPA Tentang Sosialisasi Pencegahan & Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) & Surat Undangan Nomor: 005/492-PPA/DPPPA Tentang Sosialisasi Pencegahan & Penanganan Korban KDRT & Seksual di Daerah Kalimantan Selatan. Drs. H. Helman, M,H. Hakim PA Banjarmasin mengikuti acara tersebut dengan 34 satuan kerja lainnya pada tanggal 21 – 22 Oktober 2020.

IMG_20201021_095604web.jpg

Drs. H. Helman, M,H. Hakim PA Banjarmasin mengikuti sosisalisi melalui zoom meeting, pada hari pertama naasumber dari Kepala Dinas PPPA Prov. Kal-Sel dengan materi “Kebijakan dan Koordinasi Pencegahan & Penanganan TPPO”, Polda Kal-Sel dengan materi “Upaya-upaya Pencegahan & Penanganan TPPO”. Hari kedua, narasumber dari Kepala Dinas PPPA Prov. Kal-Sel dengan materi “Penyebab & Solusi Tindak KDRT dan Seksual di Masa Pandemi COVID-19” dan Ibu Widiya Aris Radiani, M.Psi., Psikolog (Satgas Prov. Kal-Sel) dengan materi Aspek Psikososial dakam Kasus KDRT dan Seksual”.

IMG_20201021_095451web.jpg

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 21 Tahu 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pada pasal 57 ayat (2) termuat bahwa dalam pencegahan dan penanganan TPPO, Pemerintahan daerah wajib membuat kebijakan, program dan kegiatan pencegahan dan penanganan TPPO. Selain itu, acara kedua juga berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 076 Tahun 2018 tentang Pedoman Layanan Perempuan Kekerasan dan Anak yang Berhadapan dengan Hukum di Provinsi Kalimantan Selatan dengan tujuan untuk meningkatkan layanan yang optimal dalam pencegahan dan penanganan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pendampingan perlindungan khusus KDRT & seksual.