Seputar Peradilan

Penandatanganan MoU Posbakum PA Banjarmasin dengan  LKBH UIN Antasari Banjarmasin 2021 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang pemberian layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) antara Pengadilan Pengadilan Agama Banjarmasin dengan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Syari’ah UIN Antasari Banjarmasin hari Senin, 5 Januari 2021 bertenpat di aula Pengadilan Agama Banjarmasin.

IMG_0936.jpg

Penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) ditandatangani oleh Drs. H. M. Syaukany, M.H. Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA dengan Dr. H. Jalaluddin. M. Hum.  Dekan Fakultas Syari’ah UIN Antasari Banjarmasin serta Penandatangan kontrak kerja posbakum, yaitu Pejabat Pembuat Komitmen Bastomi, S.E., S.H., Kuasa Pengguna Anggaran / Sekertaris Pengadilan Agama banjarmasin  Drs. Abdul Mujib dengan Ketua LKBH Fakultas Syari’ah UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. Ahmadi Hasan, M.Hum.

IMG_0927.jpg

Perjanjian kerja sama dan kontrak kinerja ini berjalan dengan baik selama 5 tahun. Pengadaan layanan Posbakum ini sesuai dengan aPeraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Posbakum ini ditujukan kepada setiap orang atau sekelompok orang yang tidak mampu secara ekonomi atau tidak memiliki akses pada informasi dan konsultasi hukum. Adapun jenis layanan yang diberikan adalah terdiri dari pemberian informasi, konsultasi, atau advice hukum serta bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan. Keberadaan Posbakum ini juga merupakan perwujudan misi Mahkamah Agung untuk memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan. khusunya kepada masyarakat yang kurang mampu.

IMG_0946.jpg