Seputar Peradilan

PA Banjarmasin Hadiri Bimbingan Teknis dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Pada Senin, 22 Februari 2021, tim pembangunan Zona Integritas (ZI) Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA mengikuti Bimbingan Teknis dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM yang diselenggarakan oleh Ditjen Badilag secara virtual bertempat di ruang Media Center. Acara dimulai pukul 08.30 WIB s.d 12.00 WIB sesi 1 dan dilanjutkan pukul 14.00 WIB s.d 16.30 WIB sesi 2 diikuti satker tingkat banding dan tingkat pertama yang diusulkan untuk memperoleh predikat WBK dan WBBM, acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon I, II, II dan IV Ditjen Badilag.

 

IMG20210222103808.jpg

Rapat dibuka oleh Dirjen Badilag Bapak Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau mengingatkan untuk selalu mejaga kesehatan ditengah situasi pandemi saat ini dan tidak lupa untuk menjaga protokol kesehatan. Acara dilanjutkan pemaparan narasumber Bapak Muhammad Anis, S.E., A.K., selaku Auditor Bawas Mahkamah Agung. Beliau menjelaskan Zona Integritas (ZI) merupakan ajang kontestasi bagi semua Kementerian dan Lembaga yang bergerak di pelayanan publik untuk meraih predikat WBK dan WBBM dari Kemenpan RB. Strategi awal untuk mencapai WBK dan WBBM salah satunya melakukan self assessment atau evaluasi. Dari 265 satker di usulkan ke TPI (Tim Penilai Internal) hanya 254 satker yang di usulkan TPI untuk mengikuti Evaluasi lanjutan. 137 satker yang diminta lanjut ke tahap survei. Dari 98 satker yang diusulkan 50 satker berhasil meraih WBK dan 2 satker yang berhasil meraih WBBM pada tahun lalu.

 

IMG20210222103729.jpg

 

Pada sesi 2 acara dilanjutkan penyampaian pengalaman Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan dan Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat yang berhasil meraih predikat WBBM. Dalam pemaparan Ketua Pengadilan Jakarta Selatan Bapak Andi Akram, S.H, M.H. beliau membagikan 3 langkah strategi yang dilakukan untuk meraih ZI WBBM yaitu memastikan bahwa implementasi ZI menuju WBK tetap dijalankan secara konsisten/totalitas. Meningkatkan pelayanan publik dan manajemen media. Acara dilanjutkan sesi tanya jawab oleh beberapa peserta perwakilan satker yang mengikuti acara tersebut tentang hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kriteria dalam meraih WBBM. Setelah acara tanya jawab selesai pada pukul 16.30 WIB acara diakhiri dan ditutup oleh moderator.

 

IMG20210222100339.jpg