Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A Mengadakan Acara Buka Puasa Bersama

 

Kamis, 29 April 2021, Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A mengadakan acara buka Bersama sebagai ajang silaturahmi Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Banjarmasin dengan tajuk “Dengan Menjalin Silaturahmi, Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT”

Bertempat di Ruang Tunggu Sidang pukul 17.15, Acara dibuka oleh Drs. H. Makhmud, MH. selaku panitia, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh H. Antung Jumberi S.H., M.H.I.

IMG_1293.jpg

Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin, Drs. H.M. Syaukany, M.H.I dalam sambutannya beliau menyampaikan, tahun lalu kegiatan buka bersama tidak dapat diadakan dikarenakan pandemi covid-19 saat itu sedang dalam masa PSBB, Alhamdulillah tahun ini bisa diadakan dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. Beliau juga menyampaikan pentingnya silaturahmi antar sesama keluarga besar Pengadilan Agama Banjarmasin di bulan Ramadhan ini untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

IMG_1306.jpg

Tausiyah oleh H. Muhammad Hatim, beliau menyampaikan perihal silaturahmi. Silaturahmi berasal dari Bahasa Arab Silaturrahim yang terdiri dari dua unsur kata, yaitu "silah" (صلة) dan "ar-rahim" (الرَّحِم). Akar kata "silah" صلة berasal dari (وصل) yang berarti menyambungkan dua unsur.  Sementara "rahim" (رَحِم ) berarti rahim sebagaimana yang dikenal dalam bahasa Indonesia yaitu rahim dalam perut ibu.  Kata "rahim" dalam "silaturahim" berarti menyambungkan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan. 

IMG_1307.jpg

Acara berikutnya membaca surah yasin dan tahlil yang dipimpin oleh H. Adarani, S.H., M.H.I yang ditujukan kepada mantan-mantan ketua atau pegawai maupun keluarga dari pegawai yang telah mendahului kita.

IMG_1331.jpg

Azan maghrib berkumandang, takjil pun jadi pilihan pertama dan dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah, dilanjutkan berbuka dengan menu utama.-(Ev)

IMG_1343.jpg

IMG_1351.jpg