Website Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu

Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA mengikuti Pelatihan SMAP

 

Selasa, 26 April 2022, Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA mengikuti Pelatihan SMAP yang diadakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI secara daring di Media Center Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA pukul 10.00 WITA. 

IMG_3791.jpg

IMG 3799

Pembicara pelatihan SMAP kali ini adalah Ibu Nadia Sarah, S.Si., M.Bus (PSM), Certified Lead Auditor ISO 37001. Pada pemaparannya, beliau menyampaikan tentang apa perbedaan ISO 37001 dan SMAP Mahkamah Agung, apa saja latar belakang SMAP, bagaimana penerapan SMAP, dsb.

Terdapat 6 (enam) prinsip SMAP yang perlu dipahami, yaitu :

  1. Prosedur yang memadai
  2. Komitmen Top Management
  3. Penilaian Resiko
  4. Uji Kelayakan
  5. Komunikasi
  6. Monitoring dan Evaluasi

Beliau juga menyampaikan pentingnya penilaian risiko penyuapan yang mungkin dapat terjadi, identifikasi risiko, analisis risiko, dan evaluasi risiko.

Pembicara berikutnya adalah Horasman Boris Ivan, beliau menjelaskan poin-poin yang menentukan kelulusan dalam sertifikasi SMAP, yaitu memenuhi syarat penilaian dan tidak terdapat temuan mayor.

Standar Penilaian dan metode penilaian SMAP itu sendiri dapat diliat pada table berikut:

1.jpg

2.png

Sebelumnya Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA dicanangkan menjadi salah satu pelaksana SMAP (berita klik disini) dan telah melakukan rapat pembentukan tim dan penandatanganan komitmen bersama SMAP (klik disini)

-(Ev)