Seputar Peradilan

Ketua PA Banjarmasin Ikuti Rakor Badilag 2021 Secara Virtual

Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA Drs. H. M. Syaukany, M.H.i., Drs. Abdul Mujib (Sekretaris), H. Abang Muhammad Hasbi, S.H. (Panitera) dan H. Antung Jumberi, S.H,. M.H.I. (Hakim) mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 secara virtual bertempat di ruang Media Center PA Banjarmasin pada Selasa s.d. Rabu tanggal 2-3 Maret 2021.

 

IMG20210302100258.jpg

 

Rapat Koordinasi dengan tema “Membangun Peradilan Agama modern berkelanjutan menuju birokrasi berkelas dunia” dihadiri oleh Hakim Agung MA RI dari Kamar Agama, seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Sekretaris dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia. Serta seluruh Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama se-Indonesia. Rapat tahun ini menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri. Selain menampilkan narasumber dari MA yaitu Ketua Kamar Agama dan Hakim Agung, juga menampilkan pembicara Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. Sedangkan pembicara dari luar negeri yaitu YM Prof. Ajung Datuk Setya Dr.Mohd. Naim Mokhtar (Ketua Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia), YM. Judith Ryan (Hakim Pamily Court of Australia), Dr.Ahmed Bin Salern bin Muhammed AI Ameri (Rektor Universitas lslam), Imam Muhammad Bin Saud Arab Saudi.

 

IMG20210302100222.jpg

 

Acara dibuka dengan Lagu Indonesia Raya, Himne Mahkamah Agung dan pembacaan 8 Pilar Mahkamah Agung. Acara dilanjutkan pembacaan laporan kegiatan oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dan peluncuran 6 aplikasi yaitu E Monev, E Laporan, Pusat Data Perkara, PTSP Online Satker, Vision Satker, serta Portal Ekonomi Syari'ah. Dengan peluncuran aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan akses dan meringankan beban biaya untuk mengurus perkara di pengadilan agama bagi seluruh masyarakat pencari keadilan. Rapat dilanjutkan paparan dari narasumber YM Prof. Ajung Datuk Setya Dr.Mohd. Naim Mokhtar- Ketua Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia tentang Penerapan Hukum Nafkah Anak Pasca Perceraian di Malaysia.

 

IMG_20210304_084016.jpg

 

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan satuan kerja berprestasi diantaranya penyerahan sertifikat APM, Penghargaan WBK dan WBBM, Penghargaan SIPP, Penghargaan Konsistensi SIPP, Penghargaan Kinerja Triwulan dan Penghargaan Eksaminasi. Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas IA berhasil meraih penghargaan kinerja triwulan yang masuk 5 besar. Dirjen Badilag menutup rapat dengan ucapan terima kasih kepada Ketua Kamar Agama dan Hakim Agung atas berjalannya rapat ini dengan lancar. Beliau berpesan untuk jangan mudah puas diri dengan hasil yang diraih saat ini terus berinovasi apapun yang kita lakukan jadikan sebagai ibadah kepada Allah SWT dengan memberikan pelaynan terbaik kepada masyarakat.

 

IMG_20210304_084346.jpg

 

 

IMG-20210226-WA0063.jpg